Tuesday, July 22, 2008

Day 3 : Morning Tour.( I )

Tour kali ini harus nyebrang sungai dulu, lalu ke daerahnya dimana banyak terdapat kuburan2 dari para raja Mesir lampau, juga para Queen mesir jaman lalu, juga beberapa kuburan lampau dari para pejabat penting dan pegawai kerajaan sampai ke servant2nya sekalian.
Semua terdapat di Valley of the King , Valley of the Queen, dan Valley of the ....lupa lagi.....
dibuat 2 bagian....
Lagi2 didalam kuburan tsb kagak boleh bikin foto, tadinya katanya kalau pake flash kagak boleh eh yang gak pake juga gak boleh...lha piye....
Kayaknya memang biar kita beli buku2nya.....


Dengan perahu motor ini kita nyebrang ke daerah Valley. Gak lama paling 5 menit aja kok.

Panenan tebu.
Dari perahu masih naik mobil lagi ke tempat tujuan, tiba2 ada truk kecil bawa pohon tebu melintang....

Patung Kolosus of Memnon.
Memasuki daerah Valley, disambut dengan patung ini, sayang udah agak rusak karena sering kena banjir sungai Nil. Padahal bagus lho dan gedenya ampiun, patung in i tadinya dimuka sebuah temple tapi templenya sudah hancur.

Masih happy karena belum mulai panas. Satu lagi yang bikin happy, waktu bikin foto ini lama banget nunggu kosong latar belakangnya dari para turis...bagus kan cuman kita bertiga...padahal banyak turis around us....

Penduduk disini mereka banyak yang dicurigai sebagai tombs robber, mungkin bukan yang saat ini tapi buyut2nya.....
Tapi alasan mereka tinggal disini karena ada tambang marmernya, tapi ya gitu sambil gali marmer alabaster sambil tengak tengok siapa tau nemu kuburan tua.... Biar cuman dapet sebagian kecil aja karena yang lain diambil pemerintah, tapi hartanya raja dulu yang dikubur disini walah....

Gua persembunyian.
Disetiap rumah didaerah ini kebanyakan memiliki gua model gini buat hidup selama summer, karena didalam gua ini suhunya tetap saja 15 derajat walau diluar cuacanya sedang sangat panas di musim summer. dan ini sudah mereka lakukan sejak jaman dulu....Nah pantes aja mereka dicurigain sebagai tomb robber , kan nggali2 kayaknya ada yang nemu tempatnya makam raja2 jaman dulu mungkin asalnya.....

Dari tempat parkir kita naik kereta api kecil ini ke lokasi kuburannya, karena memang masih jauh dan kalau parkirnya deket2 dikuatirkan bikin rontok kuburan bawah tanahnya.

Coba deh ramenya para turis ini....mancanegara betul.

Big new family.
Nah di tour ini kita gabung dengan 1 suami istri dari Canada dan 1 bujang yang hampir seumur Bamby..namanya Daniele dari UK, mulai deh si Bamby girang ada temennya.

Larangan yang harus dipatuhi, padahal katanya cuman camera yang ber fkash aja yang gak boleh tapi kenyataannya semua camera gak boleh dipake, ada turis yang sengaja nyoba2 moto in, ketangkap harus dihapus semua filenya.
Megang temboknya juga gak boleh...takut jadi aus....maklum usianya ribuan tahun sudah....harus extra hati2...

Valley of the King
Bentuknya sih kuburannya kaya gini lorong aja masuk kedalam, tapi didalamnya penuh dengan tulisan dan gambar2 yang rata2 masih utuh dan masih ada warnanya. bayangkan usia ribuan tahun lho.

Disini tempatnya kuburan2nya.
Komplex pekuburan raja2 yang masih banyak perlu digali dan dicari. Sebelum keduluan para pencuri harta karun.

Gunung2 yang menyimpan sejuta misteri.
Dalam pegunungan ini penuh dengan kuburan....
Sekarang dijaga ketat. Baguslah karena tomb robber itu bisanya ngobrak abrik peninggalan kuno tanpa tau arti sejarahnya yang dalam.

Makam raja yang jalan dibagian dalamnya hampir rata, jadi hanya miring sedikit saja untuk mencapai bagian sarkopagusnya. Muminya sih udsah diangkat ke museum Cairo.

Tour Leader kami dengan peta yang lain.
Diterangkan bahwa banyak makam raja2 ini yang memang masih utuh tapi barang bernilainya hilang semua, seperti biasa tomb robber. Juga bentuk masing2 makam beda2 ada yang pake tangga menurun ada yang hanya miring kebawah saja.

yang ini yang bikin sengsara masuk kedalamnya, ada tangga yang curam sekali...dibelain soale ukiran2nya masih banyak yang utuh dengan warna warninya masih bagus....good preserve.

Peta didalam kuburan sang raja. Termasuk ruangan2 yang dipakai untuk barang2 dan juga sarkopagusnya. Banyak yang hartanya sudah hilang. Tinggal sarkopagus kosong atau kadang masih ada muminya yang sering2 sudah hampir rusak.

Peta seluruh komplex.
Komplex kuburan yang cukup luas sejauh ini, karena katanya masih banyak dari yang seharusnya

Daftar raja2 yang dimakamkan disini.
Yang ini daftar yang sudah ditemukan, dan masih banyak yang belum digali lagi, dan belum tahu persis letaknya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home