Tuesday, July 22, 2008

Day 5 ( afternoon): Komombo Temple

Sore harinya kita mendarat di Komombo temple.
Temple ini khusus untuk menghormati dewa Buaya, makanya disini ada mummi buaya ( tinggal 3, yang disisakan karena lainnya di bawa ke Cairo museum)

Sore jam 4 mendarat juga akhirnya di Komombo Temple.
Gak kuatir juga ntar keburu gelap soalnya di mesir jam 7.30 baru mulai gelap, masih banyak waktu, malah enak udara udah gak terlalu panas.
Udah banyak kapal2 lainnya sandar disini, dan kayaknya kita mesti melewati beberapa kapal dulu baru bisa nyampe darat kayak di Luxor kemarin.

Bagusnya Komombo Temple tuh letaknya agak diatas bukit gitu, jadi lebih preserve dari pada temple2 lainnya yang sering kena banjirnya Sungai Nile.
Cuman aduh tangganya kok ya tinggi juga, sementara dengkul surengkul nih masih rada2 manja, tadi kan udah jalan agak jauh juga di Edfu. Lihat deh itu pasangan Real ama Lindt gak kemana gandengan terus...mesra banget dah....

Sementara mikir2 naik tangga, simpen napas dulu soale, tadi dari kapal ketempat ini juga udah nanjak neh...masih ngos2an...ya mejeng aja dulu.

senyum dikit deh dulu...
Padahal lagi ngasih pengarahan ama Bamby, maklum tuh anak gak lepas dari "kabel kupingnya"....untung akhirnya mau juga dilepas..kasihan ah Tour Leadernya udah ngos2an kasih cerita kalau digratisin kan gak sopan.

Nah ini bukan ngantre sembako tapi ngantre mau masuk ruangan yang ada mummi buayanya.... Dan seperti yang sudah diduga...gak boleh bikin foto terutama yang pake blitz...nanti sinarnya ngerusak umur mumminya maklum udah ribuan tahun. ( jadi mikir nih kalau aku kasih mode non blitz kan masih bisa bikin foto).

Namanya juga nyuri2 bisa bikin foto, jadinya juga blur gini... Kayaknya rada kuwalat juga... Tapi pikir2 masa iya sih kuwalat ama mummi buaya? Atau karena lensanya bukaan besar jadi gampang goyang...gak ngerti jugalah, gw mah gak pinter moto emangnye.

Nah ini kasihan amat deh patung Julius Caesar, entah pada jaman kapan tapi ternyata kepalanya dipenggal, bukan mrotoli karena umur, karena terlihat jelas bagian yang lepas itu halus, kelihatan kalau memang disengaja dipenggal...jahat ah...patung aja dipenggal.

Tadinya sempet serem lihat ini peti mati kok berserakan gini, mana banyak lagi...
gak taunya ini peti matinya si buaya tadi, abis di mummi terus ditaruh dalam peti batu ini. Sebagian isinya sudah hijrah ke museum di Cairo. Tapi believe it or not, banyak yang hilang dicuri... Kebayangkan kalau buat koleksi kok ginian...buat apa?

Pilarnya Komombo banyak yang masih utuh, yang hancur hanya bagian atasnya yang diduga terbuat dari kayu. Ya karena gak kena banjir ya banyak yang masih utuh.

Pilar yang diluar sebagian besar ukirannya menjorok
kedalam, dan lukisannya terlihat jelas sekali karena ukirannya dalam sekali pahatannya.

Dibagian lain juga dibagian dalam banyak juga ukiran yang menonjol keluar, gak kebayang ukiran menonjol keluar itu bagaimana bikinnya ya ? kan gak bisa ditatah gitu aja ?

Pilar berwarna ini masih banyak yang masih preserve banget karena letak pilarnya sedemikian rupa sehingga gak kena sinar matahari pagi, siang ataupun sore, jadi biar usia ribuan tahun ya masih bagus warnanya.
Kayaknya orang sekarang malah kalah, cat rumah sepuluh tahun aja udah pudarnya gak keruan.

Bagian depan temple ini. Seperti biasa, selalu bagiannya jelas, teras, beranda dan pintu utama.

Nah yang ini lorong utamanya , yang seperti khasnya temple2, dipenuhi oleh pilar2 yang besar. Setiap pilar dan tembok selalu juga ditulisi oleh huruf hieroglyphic dan gambar, seluruh cerita mengenai keberadaan temple ini. Untung dah, jadi manusia jaman sekarang bisa tau apa yang terjadi pada jaman ribuan tahun yang lalu.

Kalau cerita tentang Mesir nih , rasanya ajaib aja, abis bicara mengenai ribuan tahun yang lalu...kok ya ribuan tahun itu lho...
Nah ini gambarnya dewa buaya mereka. Orang tapi kepalanya buaya....Istrinya juga dewa terlihat dari topinya yang bawa matahari.

kartoush

Yang namanya kartoush itu, adalah bentuk bulatan dimana nama yang terukir didalamnya nama rajanya. jadi setiap cerita kalau ada terukir kartoush berarti lagi ngomongin soal raja yang tertulis dalam kartoush tsb. Begitu katanya . Lha ini namanya raja syapa, aku lupa lagi padahal sih disebutin ama Tour Leadernya cuman ya itu lupa lagi.

Gambar ini menunjukkan gambar dari alat2 kedokteran pada jaman dulu, which is ribuan tahun yang lalu. Perhatikan deh itu gambar2nya....kan beberapa diantaranya masih kita pakai sampai saat ini, yang lainnya meskipun udah berubah bentuk tapi masih sama gunanya untuk alat kedokteran. Intersting ya ?

Mulai lah magrib menjelang, adzan magrib mulai terdengar, berarti udah lewat jam 7 malam, cepet juga ya waktu nih.... Sunsetnya lumayan bagus.

Pemandangan kearah sungai...masih agak terang sih tapi ya udah maghrib memang, dan lihat kapal2 yang sandar lumayan banyak kan ?

Begitu sore menjelang, mulai gelap, maka lampu2 disekitar templepun mulai menyala dengan indahnya. Memang tempat ini biasa juga dikunjungi oleh turis sampai malam hari maka itu mereka siap dengan lampu2nya.

Untung juga ini temple bukan temple persembahan apa gitu...yang ada altar buat korbannya...tapi templenya buaya jadi rada gak gitu takut deh biar udah mulai gelap pun....dasar penakut.

Kayak yang terang ya ? Padahal udah mulai gelap niyyy... Ya itu lampu2nya nyala dengan suksesnya dan turispun juga cuek gak ada yang serem datang kedalam temple malam2... gak takut ada penampakan. Tapi kayaknya di Temple2 itu gak ada setannya ya ? Mana tau ah... kalau ada pun gak builang saya..... iyyy jangan ah.

Agak gelap sudah pemandangan ke Sungai Nile tapi masih indah banget. Baru terasa ademnya sungai Nile kalau udah gak panas terik lagi.

Nah ini sentimen abis deh... dibilangin bikin fotonya jangan goyang eh masih aja goyang.... padahal udah pake pose abizzz gini lho....

Nah sekarang balas dendam judule, pose papa ama bamby kita basmi juga dengan rada goyang.
Gak deng... ini juga aku heran kok ternyata goyang juga...kena imbasnya magrib tho ??? iiiyyyy serem ah.

Afuh feyut....
papa dengan gayanya mejeng dengan perut yang mulai buncit... aduh mak jan.....

Foto seluruh peserta Tour di Nile...minus yang bikin foto. Kalau besok kita ke Abu Simbel pake privat tour kayak lagi di Cairo, jadi besok judule misah lagi.
Selama Nile Cruise ini, kami ber6 terus dalam satu agent "Panorama Tour".
Yang pake topi itu ya tour Leadernya.

Malam ini malam Jalabiya night, jadi para peserta event malam ini diharuskan pake kostum jalabiya kaya peserta dari negeri sebrang ( dibagian latar belakangnya), udah siap dengan kostumnya....
Sementara kami sih gak ikutan, karena besok pagi jam 4 subuh udah harus stand by untuk jalan ke Abu Simbel.

Whaaaaa........kaget....
Kita dari Komombo tadi langsung makan malam, lalu masuk kamar udah gelap banget kamarnya karena lampu dimatikan. Pas dinyalakan kaget suraget deh ada ini hantu mesir karya si roomboy. Karena malam ini kan eventnya jalabiya dan hantu2an...
Ada2 aja...

Tapi dibalik karya unik2nya si room boy...ternyata sewaktu kita check out, kita kena wajib ngasih tip yang jumlahnya sudah ditentukan pertamunya...
Kayak kami kan bertiga, ya sekian kali bertiga, masuk dalam amplop dan ditulisi dari room number sekian. Agak pemaksaan juga ngasih tip model gini.
Si Real kayaknya marah2 tau harus ngasih tip, padahal kalau dia makan selalu minum winenya mahal...tapi giliran ngasih tip ngomel2 dasar pelit juga nih pasangan.
Kalau Danielle, kami bisa ngerti kalau berat harus kasih tip segitu, lha wong dia ikut cruise ini aja dibayarin ama tantenya yang ada di Cairo...dia kan pelajar.
Macam2 aja caranya mereka narik duit turis.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home