Tuesday, July 22, 2008

Day 2 ( noon) : Piramids at Giza

Sepulangnya dari Museum di Cairo kita kembali ke Giza, makan siang dulu di resto khas Mesir yang lumayan enak.
lalu langsung ke komplex piramid, alasannya tour guidenya kalau pagi2 masih misty gak bagus lihat piramid....padahal mak kalau siang gini panasnya bukan alang kepalang.
Belakangan baru tau kenapa ke Giza belakangan, karena mereka terus nganter kami ke parfum industri dan papirus institut yang letaknya ya di Giza ini....pantesin....
Juga Stasiun keretanya di daerah Giza juga.

Piramids Cheops dan mereka yang udah jalan duluan....tunggu.....

Gw juga pengen mejeng dong.....tapi kenapa piramidnya kepotong???? gak niat neh...

Lha pantesnya kan ya bikin foto bertiga gini, kan asyik, makasih ya tour leadernya mau motoin....
tapi jangan tanya panasnya....

alah garing...gaya ne difoto pake megang batu segala....tapi emang niatnya ke piramid pengen megang dari batu apa sih kok bisa gak ambruk. Rupanya dari limestone/ batu gamping.

Ada yang gak mau kalah mejengnya.
Nih Cheop atau Kufu yang dikubur disini, memerintah 2500 BC, jdi tambah sekarang ya kurleb 4500 tahun lalu perintah buat piramid dilakukan....dan...piramid ini udah dirampok hartanya sejak jadul banget.

Pintu masuk piramid yang asli dibagian atasnya tapi gak tau kenapa kali tomb robbernya dulu bongkar bagian bawahnya jadi aja sekarang kalau mau masuk lewat yang bawah ini.

Pemandangan kota Cairo dari Piramid. memang piramid ini dibuat agak tinggi kayak dibukitnya gitu, jadi banjir sungai Nil kagak naik ke sini. Tapi kebayang gak bawa batunya keatas sini jadul ?

Saking banyaknya pengunjung akhirnya dibikin tangga, kayakne sih bukan tangga jadul tapi buatan masa kini, abis ini piramid kan usianya 2500 BC.

Rasanya puas banget dah bisa datang kesini, lihat aja tampang gw, penuh kepuasan. Dari jaman kecil kalau lihat piramid emang udah kagum akhirnya kesampean juga, Alhamdulillah.

Nah ini pintu masuk piramid yang buatan manusia jaman sekarang, anakku ama mas pada masuk piramid kalau aku sih engga mau karena rada claustro....
katanya malah yang serem pas ditengah jalan mau masuk kedalam piramid itu lampu mati....halah....
kalau aku sih udah pingsan duluan deh.
Menurut anakku didalam piramid ini ya panas ya pengab dan cuman terdiri dari satu ruangan besar aja kok dan ad satu sarkopagus. Cerita seremnya baru bulan lalu ada turis mati didalam piramid gara2 heat attack, abisnya kan pengap dan tertutup gitu kalau gak tahan memang bisa gawat.

Papanya juga tadinya gak mau ikut cuman daripada kepikiran anaknya masuk piraid terus kalau nyasar dan gak keluar2 kan malah pening jadi ya udah ikut aja sambil agak2 serem gitu.


Sambil nunggu para lelaki masuk piramid saya bikin foto aja....saking kagumnya ya batu limestone ini aja difotoin.
Hebatnya pekerja yang bangun piramid itu dibayar lho dan mereka juga bukan slave karena ada gambar2 nya mereka yang sakit ya diobatin, ya ada dapur umum segala.

Lihat tingginya piramid itu, lupa sih tepatnya 146 meter tapi rontok dikit atasnya jadi tinggal 138.75 m.

Maksudnya sih bikin foto piramid dengan dua pintunya itu tapi kok ada punggung orang ini sih...gimana ini ?

Nah kita pindah lokasi ketempat yang agak tinggi ke piramid Chevron, dan apalagi kalau gak bikin foto lagiiii

Sekarang kita kasih lihat tampang tour guidenya yang kabarnya nikah sama orang Malaysia dan bininya sering ke Jakarta...untung dari tadi gak ngomongin pake bahasa Indonesia soale kayaknya doi understand lah itu bahasa Indonesia....


Mycerinus piramids dan piramid istrinya yang kecil dan hampir ambruk.

Nah ini kelihatan Chevron dan Cheops.

Yang ini mah gw aja heran ngapain pakai pakaian badut dipanas terik kayak gini. Apa rombongan penyanyi atau apa ya ?


Yang pada mau naik onta bisa deh nyoba naik onta disini...tapi kami gak berminat soale panasnya terik banget neh...pas tengah hari bolong soale....
Gara gara kesini ini, abisnya muka kita pada ngelotok semua padahal udah pake spf 45.....
Kebayang kan panasnya.....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home